اللهم صلي على سيدنا محمد وعلى آله سيدنا محمد

picture

picture

Metode Yanbu’a

Sabtu, 04 Juni 2016




Metode Yanbu’a adalah satu-satunya metode baca al-Qur’an yang menggunakan tulisan Rosm Utsmaniy asli sebagaimana tulisan al-Qur’an yang tersebar luas di daerah Timur Tengah. Metode ini dibuat oleh para Ulama’ besar yang terdiri dari KH. Ulin Nuha Arwani, KH. Ulil Albab Arwani, KH. M. Manshur Maskan (Alm) dkk. Selain nama-nama Ulama’ tersebut yang paling dikenal dengan pemikiran-pemikirannya dalam mengembangkan metode ini adalah KH. M. Noer Shodiq Achrom. Beliau mengembangkan metode Yanbu’a dengan membuat buku panduan Yanbu’a yang berisi tanya jawab materi Yanbu’a mulai jilid 1 – 7. Selain itu masih banyak sekali pemikiran-pemikiran beliau yang akhirnya menjadi panutan para ustadz dan ustadzah metode Yanbu’a.
Dari latar belakang itulah, peneliti ingin sekali melakukan penelitian langsung kepada KH. M. Noer Shodiq Achrom. Guna mengetahui pemikiran-pemikiran beliau dalam mengembangkan metode Yanbu’a tersebut. Maka peneliti merumuskan beberapa permasalahan yang menjadi tujuan utama penelitian ini, yaitu; Untuk mengetahui metode Yanbu’a menurut KH. M. Noer Shodiq Achrom, (2) Untuk mengetahui pemikiran KH. M. Noer Shodiq Achrom dalam mengembangkan metode Yanbu’a.
Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif. Dan jenis penelitiannya adalah field research (penelitian lapangan). Data penelitian ini dapat dikumpulkan melalui interview (wawancara), dokumentasi, dan observasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis Taksonomi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Yanbu’a menurut KH. M. Noer Shodiq Achrom adalah selain karena tulisannya, untuk silsilah keilmuannya, metode Yanbu’a lebih dekat dengan guru besar al-qur’an yang ada di Indonesia yakni KH. Arwani Amin, karena dikarang langsung oleh kedua putra beliau yakni KH. Ulil Albab Arwani dan KH. Ulin Nuha Arwani. Adapun pemikiran KH. M. Noer Shodiq Achrom dalam mengembangkan metode Yanbu’a adalah dengan membuat rancangan metodologis pengajaran metode Yanbua yang semuanya itu teringkas dalam karya-karya beliau. Karya-karya tersebut antara lain; membuat lagu, membuat buku panduan metode Yanbu’a, pembuatan buku penghubung guru dan wali santri, membuat peraga, pengadaan ujian khatam al-Qur’an, pengadaan wisuda metode Yanbu’a, pembinaan dan pemberian syahadah guru, dan pembuatan kaset video pembinaan metode Yanbu’a
Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 Songgo Kulon
Distributed By My Blogger Themes | Design By Herdiansyah Hamzah